SEJARAH VISUAL BASIC

1.Visual Basic 1.0 (Mei 1991) telah dirilis untuk Windows pada COMDEX / Windows Wordltrade yang dilakukan di Atlanta, Georgia .

2. Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 untuk DOS adalah pada kenyataaanya merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC Professional Development System
JComments .Dalam versi 1.0, VB tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman yang kuat .

3.Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992 Cakupan pemrograman cukup mudah digunakan dan kecepatan juga telah diubah.Secara khusus, dalam memberlakukan Formulir objek dapat dilakukan secara real time, serta konsep dasar dari Class modul berikutnya diimplementasikan di VB 4.

4. Visual Basic 3.0 dirilis pada musim panas 1993, dan dibagi menjadi versi standard dan profesional. dikeluarkan untuk menawarkan paradigma pemrograman yang sangat mudah, yang memungkinkan programmer pemula untuk memulai dan menghasilkan aplikasi sederhana dalam waktu singkat. Pada versi yang sama, VB Pemrogramming dapat mengakses Windows Application Interface (API). VB 3 termasuk versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine dapat membaca dan menulis database Jet (atau Access) 1.x.

5.Visual Basic 4.0 dirilis pada bulan Agustus 1995 merupakan versi pertama yang dapat membuat 32-bit Windows program serta versi 16-bit nya. Dan dibuat dari awal yang ditujukan untuk mendukung platform Microsoft baru yang sistem operasi 32-bit. Dalam versi ini, VB tidak hanya mampu menghasilkan file-file EXE, tetapi juga mampu menghasilkan sebuah file DLL (yang lebih dikenal sebagai COM).

6. Visual Basic 5.0 (Februari 1997), Microsoft merilis Visual Basic secara eksklusif untuk Windows versi 32 bit. Programmer yang menulis program dalam versi 16-bit dengan mudah dapat mengimpor program dari VB 4, VB 5 memperkenalkan kemampuan untuk membuat User Control.

7. Visual Basic 6.0 pada akhir 1999 untuk meningkatkan jangkauan beberapa, termasuk kemapuannya untuk membuat aplikasi berbasis web. Visual Basic 6 dijadwalkan untuk memasuki “fase non-Didukung” Microsoft dimulai pada Maret 2008.

8.Visual versi terbaru dari basic.Net visual basic dirilis pada 2002.
Visual Basic.Net. Visual Basic.Net adalah generasi berikutnya dari Microsoft visual basic 6. Dengan basic.net visual kita dapat membangun aplikasi Windows, layanan web dan dan aplikasi ASP.Net cepat dan mudah. Aplikasi yang dibuat dengan layanan visual basic dibangun pada runtime bahasa umum sehingga memiliki kelebihan. NET Framework.

9. Visual Basic. NET (VB 7), dirilis pada tahun 2002, hanya sedikit yang mencoba versi pertama. NET adalah berpendapat bahwa bahasa ini sangat kuat tetapi menggunakan bahasa yang sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan kekurangan dalam berbagai bidang, termasuk runtime-nya adalah 10 kali lebih besar dari paket runtime VB6 serta peningkatan penggunaan memori.

10.Visual Basic. NET 2003 (VB 7.1), dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.

11.Visual Basic 2005 (VB 8.0), merupakan iterasi selanjutnya dari Visual Basic. NET. dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata kata. NET dalam judul. Pada rilis ini, Microsoft memasukkan bebrapa fitur baru, termasuk:
a. Edit dan Lanjutkan, mungkin fitur terbesar adalah kurangnya VB. Bersih. di VB 2005, kami diijinkan untuk mengubah kode ketika program sedang dieksekusi.
b. Perbaikan konversi dari VB ke VB NET12 Visual Basic. NET 2003 (VB 7.1), dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
IsNot Paten, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 adalah konversi Apakah Jika Tidak X Y ke Y. Jika X IsNot.

12.Visual Basic 2005 Express merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan gila dengan VB, satu produk adalah Visual Basic 2005 Express yang merupakan produk gratis dari Microsoft.

13.Visual Basic “Orcas” (VB 9.0), dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2007 dan dibangun di atas. NET 3.5. Pada rilis ini, Microsoft menambahkan beberapa fitur antara lain: a. Benar Tenary operator, yaitu fungsi If (boolean, nilai, nilai) yang digunakan untuk menggantikan fungsi IIF.
b. LINQ Dukungan
c. Lambda Expressions
d. XML Literal
e. Nullable jenis
f. Tipe Inferensi

14.Visual Basic ‘VBx’ (VB 10.0), Visual Basic 10, yang juga dikenal dengan nama VBx, akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan menjadi bagian dari Silverlight 1.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.